UTS –ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR KAMPUS MILENIAL ITBI
April 22, 2021
Nama : Agung Prastio
Kelas : Eksekutif
Matakuliah : ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR (UTS)
1. Jelaskan
peran dan fungsi sains dan teknologi dalam peradaban manusia !
Jawab :
Sains dan teknologi adalah suatu bagian yang tak
lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir kehidupan
manusia. Sains dan teknologi terus berkembang seiring
perkembangan peradaban manusia di dunia. Jika melihat fenomena perkembangan
peradaban manusia dari masa ke masa. Kita akan melihat dengan jelas bagaimana
peran sains dan teknologi sangatlah
sentral. Walaupun pada masa-masa awal, manusia belum ada konsep sains dan
teknologi. Pada masa-masa itu (seperti masa prasejarah) perkembangan perdaban manusia hanyalah dengan logika berpikir
sederhana dan dari fenomena-fenomena alam yang sederhana.Misalnya penemuan alat berburu sederhana pada masa
prasejarah, mungkin bagi kita adalah hal yang sederhana, akan tetapi pada masa
itu penemuan tersebut adalah hal yang sangat revolusioner dan hebat..
Karena peran sains dan teknologi yang
sangat sentral dalam perkembangan peradaban , maka kini banyak negara yang
berlomba – lomba untuk mengembangkan
sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan
teknologi maka berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Dan memang benar
faktanya demikian. Jika kita melihat sejarah dimana kemajuan sains dan
teknologi sangat menentukan kemajuan bangsa bahkan dijadikan tolak ukur
kemajuan bangsa. Jadi kita dapat menyimpulkan
bahwa kemajuan sains dan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan bangsa.
Dan hal
lebih penting yang bisa bangsa dapatkan dengan mengembangkan sains dan
teknologi, yakni meningkatnya kesejahteraan bangsa.
2. Jelaskan
hubungan manusia sains dan teknologi !
Jawab :
Bentuk seni dapat
beraneka ragam dan dapat ditemui dimana saja. Hubungan manusia dengan sains dan
teknologi merupakan hal yang biasa, karena manusia tidak akan lelah akan
keinginannya, serta sains merupakan sumber ilmu yang tidak ada habisnya dan
teknologi merupakan ciptaan/karya dari manusia tersebut.
3. Jelaskan
fungsi keindahan dalam kehidupan manusia !
Jawab :
Dengan adanya keindahan akan
membuat perasaan menjadi tenang dan tentram. Keindahan yang
alami dapat memunculkan suatu inspirasi yang sungguh luar biasa. Karena dengan
sesuatu yang indah akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih, sehingga
lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi
4. Manusia
sebagai pencipta dan pendukung keindahan, jelaskan pernyataan tersebut !
Jawab :
Budaya tercipta
dari hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam
raya ini. Manusia di ciptakan oleh Tuhan dengan di bekali akal dan pikiran
sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi
khalifah di muka bumi ini. Di samping itu manusia juga memiliki akal, pikiran,
intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, dan perilaku. Denga semua
kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka
manusia bisa menciptakan keindahan. Ada hubungan dialektika antara
manusia dan keindahan. Keindahan adalah produk manusia namun manusia itu
sendiri adalah produk keindahan dengan kata lain, keindahan ada karena manusia
yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah keindahan yang
diciptakannya. Keindahan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendukungnya.
5. Jelaskan
proses terjadinya pelapisan sosial !
Jawab :
Proses
terbentuknya pelapisan sosial dapat terjadi melalui dua cara, yakni secara
alamiah dan secara disengaja atau direncanakan oleh manusia. Pelapisan sosial
yang terjadi secara alamiah tidak dapat dilepaskan oleh kecendrungan bakat,
minat, dan dukungan lingkungan.
6. Mengapa
terjadi pelapisan sosial dalam kehidupan masyarakat !
Jawab :
adanya pelapisan dalam masyarakat berawal
dari adanya sesuatu yang dihargai. Sesuatu yang dihargai itu mungkin memiliki
nilai ekonomis misalnya ternak, tanah, uang, dan benda-benda lainnya. Mungkin
juga tidak bernilai ekonomis tetapi mempunyai nilai mana misalnya keturunan,
kekuasaan, kesalehan, dan pendidikan.
7. Jelaskan
arti penting lingkungan hidup bagi manusia !
Jawab :
Lingkungan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena lingkungan merupakan
daya dukung kehidupan. Oleh sebab itu, makhluk hidup tak
akan bisa dipisahkan dari lingkungannya. Dan khusus bagi
manusia, lingkungan merupakan tempat untuk melakukan
aktifitas sosial, politik, ekonomi, budaya dan lain lain.
8. Jelaskan
prinsip-prinsip dasar pembangunan berkelanjutan !
Jawab :
Pembangunan berkelanjutan artinya pembangunan ekonomi
yang memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, sehingga generasi mendatang
dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan saat ini
9. Jelaskan
fungsi keluarga dalam kehidupan manusia !
Jawab :
Keluarga memiliki fungsi untuk memenuhi berbagai macam
kebutuhan, seperti biologis, ekonomi, sosialisasi, pendidikan, dan masih banyak
lagi. Mengapa? Karena keluarga adalah salah satu dasar
terbentuknya kehidupan sosial bermasyarakat.
10. Jelaskan
tahap pertumbuhan individu !
Jawab :
1. Masa vital
yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun. Pada masa vital ini individu
menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya.
meurut Frued tahun pertama dalam kehidupan individu itu sebagai masa oral,
sebab mulut dilihat sebagai sumber kenikmatan dan ketaidak nikmatan. Pendapat
semacam ini mungkin beralasan kepaa kenyataan, bahwa pada masa ini mulut
memainkan peranan penting dalam kehidupan individu. Bahwa anak memasukkan apa
saja yang dijumpai ke dalam mulutnya itu tidak sebab multu adalah sumber
kenikmatan utama, melainkan sebab pada saat itu mulut adalah alat utama untuk
melakukan eksplorasi dan belajar. Pada tahun kedua anak belajar berjalan, dan
dengan berjalan itu anak mulai pula belajar menguasai ruang. Di samping itu
terjadi pembiasaan tahu akan kebersihan. Melalui tahu akan kebersihan itu anak
belajar mengontrol impuls-impuls yang datang dari dalam dirinya.
2. Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun
sampai kira-kira 7 tahun Masa estetik ini dianggap sebagai masa pertumbuhan
rasa keindahan. sebenarnya kata estetik diartikan bahwa pada masa ini
pertumbuhan anak yang terutama adalah fungsi pancaindera. Dalam masa ini pula
tampak muncuk gejala kenakalan yang biasanya terjadi antara 3 tahun sampai umur
5 tahun. Anak sering menentang kehendak
orang atau, kadang sampai menggunakan kata – kata kasar, dengan sengaja
melanggar apa yang dilarang dan tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.
Adapun
alasan anak berbuat kenakalan dalam usia itu adalah : berkat pertumbuhan
bahasanya yang adalah modal utama bagi anak dalam menghadapi dunianya maka
samapi-lah anak pada penyadaran ”aku”nya atau tahap menemukan ”akunya yaitu
suatu tahap saat anak menemukan dirinya sebagai subyek. Kalau pada masa-masa
sebelumya anak masih merasa satu dengan dunianya, belum mampu mengadakan pemisahan
secara sadar antara dirinya sendiri sebgai subyek dan yagn lain sebagai obyek
maka kemampuan ini kini dimilikinya.
3. Masa
intelektual dari kira-kira 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14 tahun
Setelah anak melewati masa kegoncangan yang pertama , maka proses
sosialisasinya telah berlangsung dengan lebih efektif. Sehingga menjadi matang
untuk dididik daripada masa-masa sebelumnya. Masa keserasian bersekolah ini
diakhiri dengan suatu masa pueral. Sifat-sifat anak pada masa pueral ini
mempunyai sifat-sifat yang khas, yang pertama adalah ditujukan untuk berkuasa
(menimbulkan tingkah laku dari perbuatan yang ditujukan untuk berkuasa), yang
kedua adalah tingkah laku ekstrovers yaitu perbuatan yang berorientasi ke luar
dirinya (ingin menyaksikan keadaan-keadaan dunia di luar dirinya). ada beberapa
sifat khas pada anak-anak masa ini antara lain : adanya korelasi positif tinggi
antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah sikap tunduk kepada
peraturan-peraturan, permainan yang tradisional adanya kecenderungan memuji
diri sendiri kalau tidak dapat menyelesaikan ssesuatu soal maka soal itu
dianggap tidak penting senang membandingkan dirinya dengan anak lain adanya
minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit amat realistik ingin
tahu, ingin belajar gemar membentuk kelompok sebaya
4. Masa sosial, kira-kira
umur 13 atau 14 tahun sampai kira-kira 20 – 21 tahun Masa sosial adalah masa
yang banyak menarik perhatian masyarakat sebab mempunyai sifat khas dan yang
menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakatnya, dan dia harus
mengarahkan dirinya agar dapat menemukan diri, meneliti sikap hidup yang lama
dan mencoba-coba yang baru agar dapat menjadi pribadi yang dewasa. Pada
dasarnya masa ini masih dirinci ke dalam beberapa masa, yaitu masa praremaja ,
masa remaja (sebagai gejalanya adalah merindu puja, dan pada fase ini, untuk
pertama kalinya remaja sadar akan kesepian yang tidak pernah dialami pada
masa-masa sebelumnya), dan masa usia mahasiswa (pemuda yang berusia 18 s.d. 30
tahun, dan diklasifikasikan pada masa remaja akhir sampai dewasa awal / dewasa
madya, dan pada mahasiswa ini banyak terdapat idealisme yang realistik yaitu
yang dapat diterapkan dalam tindakan.)
0 komentar