UTS –ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR KAMPUS MILENIAL ITBI

April 22, 2021

 


Nama                    : Agung Prastio

Kelas                     : Eksekutif 

Matakuliah         : ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR (UTS)


 

1.      Jelaskan peran dan fungsi sains dan teknologi dalam peradaban manusia !

 

Jawab  :

Sains  dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir kehidupan manusia. Sains  dan  teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Jika melihat fenomena perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa. Kita akan melihat dengan jelas bagaimana peran sains dan teknologi  sangatlah sentral. Walaupun pada masa-masa awal, manusia belum ada konsep sains dan teknologi. Pada masa-masa itu (seperti masa prasejarah) perkembangan perdaban  manusia hanyalah dengan logika berpikir sederhana dan dari fenomena-fenomena alam yang sederhana.Misalnya  penemuan alat berburu sederhana pada masa prasejarah, mungkin bagi kita adalah hal yang sederhana, akan tetapi pada masa itu penemuan tersebut adalah hal yang sangat revolusioner dan hebat..

          

            Karena peran sains dan teknologi yang sangat sentral dalam perkembangan peradaban , maka kini banyak negara yang berlomba – lomba untuk mengembangkan  sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Dan memang benar faktanya demikian. Jika kita melihat sejarah dimana kemajuan sains dan teknologi sangat menentukan kemajuan bangsa bahkan dijadikan tolak ukur kemajuan bangsa.  Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan sains dan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan bangsa. Dan  hal  lebih penting yang bisa bangsa dapatkan dengan mengembangkan sains dan teknologi, yakni meningkatnya kesejahteraan bangsa.

 

2.      Jelaskan hubungan manusia sains dan teknologi !

 

 

Jawab  :

Bentuk seni dapat beraneka ragam dan dapat ditemui dimana saja. Hubungan manusia dengan sains dan teknologi merupakan hal yang biasa, karena manusia tidak akan lelah akan keinginannya, serta sains merupakan sumber ilmu yang tidak ada habisnya dan teknologi merupakan ciptaan/karya dari manusia tersebut.

 

3.      Jelaskan fungsi keindahan dalam kehidupan manusia !

 

Jawab  :

Dengan adanya keindahan akan membuat perasaan menjadi tenang dan tentram. Keindahan yang alami dapat memunculkan suatu inspirasi yang sungguh luar biasa. Karena dengan sesuatu yang indah akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi

 

4.      Manusia sebagai pencipta dan pendukung keindahan, jelaskan pernyataan tersebut !

 

Jawab  :

Budaya tercipta dari hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini. Manusia di ciptakan oleh Tuhan dengan di bekali akal dan pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini. Di samping itu manusia juga memiliki akal, pikiran, intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, dan perilaku. Denga semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka  manusia bisa menciptakan keindahan. Ada hubungan dialektika antara manusia dan keindahan. Keindahan adalah produk manusia namun manusia itu sendiri adalah produk keindahan dengan kata lain, keindahan ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah keindahan yang diciptakannya. Keindahan akan terus hidup manakala ada manusia sebagai pendukungnya.

 

5.      Jelaskan proses terjadinya pelapisan sosial !

 

Jawab  :

Proses terbentuknya pelapisan sosial dapat terjadi melalui dua cara, yakni secara alamiah dan secara disengaja atau direncanakan oleh manusia. Pelapisan sosial yang terjadi secara alamiah tidak dapat dilepaskan oleh kecendrungan bakat, minat, dan dukungan lingkungan.

 

6.      Mengapa terjadi pelapisan sosial dalam kehidupan masyarakat !

 

Jawab  :

adanya pelapisan dalam masyarakat berawal dari adanya sesuatu yang dihargai. Sesuatu yang dihargai itu mungkin memiliki nilai ekonomis misalnya ternak, tanah, uang, dan benda-benda lainnya. Mungkin juga tidak bernilai ekonomis tetapi mempunyai nilai mana misalnya keturunan, kekuasaan, kesalehan, dan pendidikan.

 

7.      Jelaskan arti penting lingkungan hidup bagi manusia !

 

Jawab  :

Lingkungan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena lingkungan merupakan daya dukung kehidupan. Oleh sebab itu, makhluk hidup tak akan bisa dipisahkan dari lingkungannya. Dan khusus bagi manusialingkungan merupakan tempat untuk melakukan aktifitas sosial, politik, ekonomi, budaya dan lain lain.

 

8.      Jelaskan prinsip-prinsip dasar pembangunan berkelanjutan !

 

Jawab  :

Pembangunan berkelanjutan artinya pembangunan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, sehingga generasi mendatang dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dijalankan saat ini

 

 

 

 

9.      Jelaskan fungsi keluarga dalam kehidupan manusia !

 

 

Jawab  :

Keluarga memiliki fungsi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, seperti biologis, ekonomi, sosialisasi, pendidikan, dan masih banyak lagi. Mengapa? Karena keluarga adalah salah satu dasar terbentuknya kehidupan sosial bermasyarakat.

 

10.  Jelaskan tahap pertumbuhan individu !

 

Jawab  :

1. Masa vital yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun. Pada masa vital ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya. meurut Frued tahun pertama dalam kehidupan individu itu sebagai masa oral, sebab mulut dilihat sebagai sumber kenikmatan dan ketaidak nikmatan. Pendapat semacam ini mungkin beralasan kepaa kenyataan, bahwa pada masa ini mulut memainkan peranan penting dalam kehidupan individu. Bahwa anak memasukkan apa saja yang dijumpai ke dalam mulutnya itu tidak sebab multu adalah sumber kenikmatan utama, melainkan sebab pada saat itu mulut adalah alat utama untuk melakukan eksplorasi dan belajar. Pada tahun kedua anak belajar berjalan, dan dengan berjalan itu anak mulai pula belajar menguasai ruang. Di samping itu terjadi pembiasaan tahu akan kebersihan. Melalui tahu akan kebersihan itu anak belajar mengontrol impuls-impuls yang datang dari dalam dirinya.

 

2.         Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun Masa estetik ini dianggap sebagai masa pertumbuhan rasa keindahan. sebenarnya kata estetik diartikan bahwa pada masa ini pertumbuhan anak yang terutama adalah fungsi pancaindera. Dalam masa ini pula tampak muncuk gejala kenakalan yang biasanya terjadi antara 3 tahun sampai umur 5 tahun. Anak sering menentang  kehendak orang atau, kadang sampai menggunakan kata – kata kasar, dengan sengaja melanggar apa yang dilarang dan tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Adapun alasan anak berbuat kenakalan dalam usia itu adalah : berkat pertumbuhan bahasanya yang adalah modal utama bagi anak dalam menghadapi dunianya maka samapi-lah anak pada penyadaran ”aku”nya atau tahap menemukan ”akunya yaitu suatu tahap saat anak menemukan dirinya sebagai subyek. Kalau pada masa-masa sebelumya anak masih merasa satu dengan dunianya, belum mampu mengadakan pemisahan secara sadar antara dirinya sendiri sebgai subyek dan yagn lain sebagai obyek maka kemampuan ini kini dimilikinya.

 

3. Masa intelektual dari kira-kira 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14 tahun Setelah anak melewati masa kegoncangan yang pertama , maka proses sosialisasinya telah berlangsung dengan lebih efektif. Sehingga menjadi matang untuk dididik daripada masa-masa sebelumnya. Masa keserasian bersekolah ini diakhiri dengan suatu masa pueral. Sifat-sifat anak pada masa pueral ini mempunyai sifat-sifat yang khas, yang pertama adalah ditujukan untuk berkuasa (menimbulkan tingkah laku dari perbuatan yang ditujukan untuk berkuasa), yang kedua adalah tingkah laku ekstrovers yaitu perbuatan yang berorientasi ke luar dirinya (ingin menyaksikan keadaan-keadaan dunia di luar dirinya). ada beberapa sifat khas pada anak-anak masa ini antara lain : adanya korelasi positif tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah sikap tunduk kepada peraturan-peraturan, permainan yang tradisional adanya kecenderungan memuji diri sendiri kalau tidak dapat menyelesaikan ssesuatu soal maka soal itu dianggap tidak penting senang membandingkan dirinya dengan anak lain adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit amat realistik ingin tahu, ingin belajar gemar membentuk kelompok sebaya

 

4. Masa sosial, kira-kira umur 13 atau 14 tahun sampai kira-kira 20 – 21 tahun Masa sosial adalah masa yang banyak menarik perhatian masyarakat sebab mempunyai sifat khas dan yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakatnya, dan dia harus mengarahkan dirinya agar dapat menemukan diri, meneliti sikap hidup yang lama dan mencoba-coba yang baru agar dapat menjadi pribadi yang dewasa. Pada dasarnya masa ini masih dirinci ke dalam beberapa masa, yaitu masa praremaja , masa remaja (sebagai gejalanya adalah merindu puja, dan pada fase ini, untuk pertama kalinya remaja sadar akan kesepian yang tidak pernah dialami pada masa-masa sebelumnya), dan masa usia mahasiswa (pemuda yang berusia 18 s.d. 30 tahun, dan diklasifikasikan pada masa remaja akhir sampai dewasa awal / dewasa madya, dan pada mahasiswa ini banyak terdapat idealisme yang realistik yaitu yang dapat diterapkan dalam tindakan.)


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Most Popular